A. Visi
dan Misi
Visi
Memperkenalkan
bahasa Jepang kepada pelajar SMP, SMA dan masyarakat umum untuk memperkaya
penguasaan bahasa asing di Surabaya dan Sidoarjo dalam era globalisasi dan
pasar bebas, dengan prinsip “Mari Belajar Bersama”.
Misi
Sebagai
fasilitator peminat bahasa Jepang, budaya dan hal yang berkaitan dengan Jepang
dengan memberikan pengajaran Bahasa Jepang privat individu/kelompok dan secara
intensif agar bisa mengerti dan memahami tentang Bahasa Jepang (dari segi
huruf, tata bahasa, konteks penggunaan dalam percakapan), kebiasaan dan budaya
yang berkaitan dengan Jepang dan bisa berbicara dengan menggunakan Bahasa
Jepang dengan baik dan benar.
B.
Fasilitas
-
Handout materi tambahan dan latihan soal
(sumber buku acuan yang dipakai “Minna no Nihongo Bunpou”,”Minna
no Nihongo Kanji”, “Minna no Nihongo Dokkai”, “Nihongo Kana
Nyuumon”, “Sakura” dan buku bahasa Jepang lain yang terkait.)
-
Kaiwa Renshuu (Percakapan sebagai metode
review apa yang sudah dipelajari dan meningkatkan intonasi berbicara, bermain
role play)
-
Kakikikitori Renshuu (mendengarkan audio
sambil menuliskan apa yang sudah didengar dan menterjemahkan)
-
Notes (untuk praktek menulis latihan
soal dan mengarang (sakubun))
C.
Metode
-
Guru datang ke rumah/siswa datang/outdoor
-
Fun and quick learning methode (mengajar
dengan “sersan” dan menyesuaikan dengan kemampuan dan target belajar yang ingin
dicapai).
-
Teori + praktek
-
Mini test (berkala)
D.
Sistem
1. Materi
pertama, pengenalan huruf hiragana dan katakana
-
Untuk pemula, setidaknya dalam waktu 10
hari bisa lancar menulis dan hafal huruf hiragana dan katakana.
-
Bagi yang sudah pernah mempelajari
hiragana dan katakana, akan dilakukan pengulangan sedikit dan bisa dilanjutkan
dengan belajar huruf kanji.
2. Materi
ke dua, pembahasan pola kalimat
-
Bagi pemula menggunakan buku “Sakura”
jilid 1 – 3 dan buku sejenis, kemudian bisa dilanjutkan dengan buku “Minna no
Nihongo” (optional).
-
Bagi yang sudah menguasai, bisa langsung
menggunakan buku “Minna no Nihongo” dan buku yang terkait.
3. Praktek
role play kaiwa (percakapan) yang ada dalam buku, baik buku “Sakura” ataupun
“Minna no Nihongo” dan atau pengembangannya.
4. Mini
test atau kuis dilakukan secara berkala yang berfungsi sebagai evaluasi materi
yang sudah diajarkan.
5. Untuk
pemula agar bisa memahami bahasa Jepang setidaknya maksimal membutuhkan waktu 6
bulan dan 12 bulan untuk bisa menguasai bahasa Jepang sampai level N4
(tergantung dari jumlah pertemuan)
6. Untuk
yang bukan pemula, setidaknya membutuhkan waktu 6 bulan sampai bisa menguasai
bahasa Jepang sampai dengan level N4 (tergantung dari jumlah pertemuan).
7. Jika
memungkinkan dan bersedia, akan diikut sertakan ke dalam lomba bahasa Jepang
yang diadakan di Universitas-Universitas di Surabaya tingkat regional Jatim
ataupun lomba-lomba sejenis yang ada dan atau uji kompetensi Bahasa Jepang
(JLPT N4).
E.
Durasi
-
90 – 120 menit /pertemuan
F.
Peraturan dan Ketentuan
-
Tidak ada uang pendaftaran.
-
Uang buku + Rp. 100.000 – Rp.
200.000.
-
Terdapat sistem periode trimester.
Program tiga bulan pertama sebagai pengenalan bahasa Jepang dasar dengan
memilih ketentuan/paket yang ada.
-
Untuk trimester berikutnya bisa memilih
ketentuan lain atau sama dengan sebelumnya.
-
Pembayaran bisa dilakukan di awal atau
di akhir pertemuan
-
Untuk penentuan hari, akan disepakati
bersama antara guru dan murid.
-
Diharapkan kerjasama antar kedua belah
pihak; guru dengan murid dan orang tua (saling komunikasi).
-
Jika guru/murid berhalangan hadir pada
hari yang telah disepakati akan dicarikan hari pengganti lain setelah ada
komunikasi lebih lanjut.
-
Jika murid berhalangan hadir tanpa
komunikasi, tidak ada penggantian hari. Jika guru berhalangan tanpa komunikasi,
murid berhak meminta pertemuan pengganti.
-
Hari pengganti bisa dilaksanakan pada
bulan yang sama atau pada minggu pertama dan kedua di bulan berikutnya.
-
Jika tidak ada pembertahuan dari murid
sampai pada pertengahan bulan, pembayaran tetap dihitung penuh sesuai
kesepakatan awal
-
Menanda tangani surat pernyataan rangkap
dua dan akan mendapatkan daftar kehadiran.
0 comments:
Post a Comment